Kenali Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO

Saat melakukan pembangunan link dalam mengoptimasi SEO sebuah website, Anda wajib mendapatkan backlink berkualitas supaya website tersebut bisa mendapatkan optimasi yang maksimal. Proses optimasi SEO memang bisa dilakukan dengan berbagai metode dan strategi termasuk dengan menggunakan pembangunan link yang merupakan salah satu bagian strategi optimasi SEO offpage. Teknik SEO yang satu ini merupakan teknik optimasi website dari luar untuk mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari. Tentunya, dalam membangun link tidak bisa asal-asalan dalam memilih backlink. Backlink yang kurang berkualitas bukannya akan membuat website tersebut mendapatkan posisi yang bagus, bahkan sangat mungkin membuat website yang dioptimasi justru mendapatkan pinalti dari mesin pencari. Hal inilah yang membuat Anda harus benar-benar selektif dalam memilih backlink yang akan digunakan dalam membangun link.

Inilah Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO

Dalam melakukan optimasi, Anda bisa menerapkan strategi pembangunan link dengan menggunakan beberapa backlink. Namun, backlink yang digunakan hendaknya merupakan backlink yang berkualitas dan memilih pagerank yang tinggi. Hal ini ditujukan supaya proses optimasi bisa mendatangkan hasil yang maksimal. Berikut ini Anda bisa mengenali beberapa kriteria backlink yang masuk dalam kategori sebagai bakclink dengan kualitas bagus.

  • 1 Backlink dari website yang relevan

Kriteria pertama dari backlink yang berkualitas adalah berasal dari website yang memiliki konten relevan dengan halaman website yang Anda miliki. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui bagaimana backlink tersebut berasal dari website yang relevan. Pertama, Anda bisa melihat title tag dari halaman website tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tentang topik website secara keseluruhan. Tentunya, Anda juga perlu mambaca isi kontennya apakah itu benar-benar relevan dengan artikel yang Anda website Anda atau tidak.

Backlink Berkualitas

  • 2 Backlink dari website berkualitas

Selain memiliki konten ataupun topik yang relevan, backlink yang berkualitas juga harus datang dari website yang berkualitas dan terpercaya oleh mesin pencari. Anda bisa melihat bagaimana pagerank halaman website tersebut. Namun demikian, pagerank bukanlah satu-satunya indikator bahwa website tersebut berkualitas dan terpercaya. Anda bisa memperhatikan beberapa indikator lainnya seperti usia website, artikel yang terindex mesin pencari, memiliki peringkat bagus dengan kata kunci tertarget, serta banyaknya link yang masuk ke halaman website.

  • 3 Backlink dari website yang menggunakan kata kunci pada anchor text

Bila Anda sudah menemukan website yang berkualitas dan terpercaya serta memiliki konten yang relevan dengan website Anda maka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memastikan anchor text yang digunakan untuk menautkan halaman ke halaman website Anda. Dalam hal ini, secara ideal Anda sebaiknya menggunakan kata kunci pada backlink dari website tersebut. Jangan sampai Anda menggunakan anchor text yang tidak bermakna atau tidak sesuai dengan kata kunci.

  • 4 Backlink yang tidak diarahkan ke homepage

Bila Anda mencari backlink yang berkualitas, maka Anda sebaiknya mendapatkan backlink yang tidak diarahkan pada halaman Home atau homepage dari website Anda. Dalam hal ini, backlink tersebut hendaknya diarahkan ke halaman tertentu yang ada kaitannya dengan backlink tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap penilaian relevansi antara backlink dengan website yang Anda kelola. Umunya halaman utama atau homepage dari sebuah website berisi dengan berbagai macam topik dengan link yang beragam. Selain itu, halaman utama sebuah website biasanya juga bersifat dinamis karena sering mengalami perubahan sesuai dengan update yang dilakukan. Inilah mengapa untuk mendapatkan backlink berkualitas hendaknya diarahkan pada halaman tertentu yang mana ini jauh lebih baik.

  • 5 Backlink yang tahan lama

Kriteria lain yang berkaitan dengan backlink yang berkualitas adalah harus tahan lama. Backlink tersebut harus berada selama mungkin di website yang memberikannya. Ketika tautan tersebut hanya bertahan sebentar saja maka ini akan menurunkan peringkat website Anda. Inilah mengapa alangkah baiknya bila Anda mencoba untuk mengupayakan backlink dari halaman website yang bersifat permanen. Kebanyakan yang terjadi terkait backlink yang hilang adalah karena domain website yang memberikannya sudah kadaluwarsa dan tidak mendapatkan perpanjangan.

Membangun link memang sangat dibutuhkan dalam melakukan optimasi sebuah website. Namun, backlink yang digunakan dalam optimasi hendaknya merupakan backlink berkualitas yang memiliki beberapa kriteria sebagaimana yang dijelaskan di atas. Ini akan sangat membantu Anda dalam mendatangkan hasil optimasi yang lebih maksimal.