Tempat Sampah Plastik Untuk Tempat Umum Memiliki Arti Berbeda-Beda

Tempat sampah plastik merupakan benda yang paling banyak digunakan. Melihat sampah yang berserakan pasti akan membuat orang disekitarnya merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, disediakanlah tempat sampah. Tapi yang harus anda tahu, tidak sembarangan kita membuang sampah menjadi 1 dalam 1 tempat. Hal ini dikarenakan sampah memiliki berbagai macam jenis.

tempat sampah plastik

Di Indonesia mulai diterapkan pengolahan sampah yang baik dengan membedakan tempat sampah menyesuaikan dengan jenis sampah. Hal ini dibuat dengan cara membuat warna yang berbeda antar jenis sampah. Jadi pemberian warna pada tempat sampah plastik bukan tidak ada artinya, melainkan setiap warna mewakili jenis sampah masing-masing. Ada 5 jenis warna tempat sampah, mau tahu apa saja
? Yuk simak penjelasannya.

5 Warna Tempat Sampah Plastik Kaya Akan Arti

  • Warna hijau

Untuk tempat sampah plastik pertama yaitu dengan cat warna hijau. Tempat sampah ini khusus untuk membuang sampah organik seperti sayur dan buah bekas, makanan sisa, dedaunan, dan lain sebagainya. Dengan pengelompokan secara benar pada tempat sampah warna hijau, maka sampah dapat dijadikan kompos.

  • Warna kuning

Untuk tempat sampah, warna kuning mewakili sampah non organik yaitu untuk plastik bekas, gelas kemasan air mineral bekas, dan beberapa jenis yang bisa dijadikan kerajinan bahan daur ulang.

  • Warna merah

Dan tempat sampah plastik dengan warna merah mewakili B3 dengan arti bahan berbahaya dan beracun. Hal ini seperti sampah beling, kaca, gelas beling, bekas obat nyamuk semprot, detergen dan lain sebagainya. Sampah jenis ini dipisahkan karena dapat berbahaya jika disatukan dengan sampah lain yang dapat melukai orang lain.

tempat sampah plastik

  • Warna biru

Tempat sampah dengan warna biru dikhususkan untuk kertas. Jadi sampah dengan bahan dasar kertas seperti majalah, Koran, buku bekas dapat dibuang di tempat sampah ini agar dapat diproses daur ulang.

  • Warna abu-abu

Dan warna kelima yaitu warna abu-abu yang bertulisakan residu. Biasanya tempat sampah plastic ini digunakan untuk jenis sampah selain yang telah disebutkan diatas. Misalnya baju yang sudah rusak, mainan anak-anak, dll. Memang warna abu-abu jarang ditemukan di tempat-tempat umum, tapi anda juga harus tahu arti dari masing-masing warna tempat sampah plastik agar tidak keliru memasukan jenis sampah yang anda buang.

Dengan banyak warna dari tempat sampah plastik yang telah dijelaskan diatas, bertujuan agar masyarakat lebih peduli lagi dengan sampah. Sampah yang dipilah-pilah akan mengurangi penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir yang sudah sangat membludak. Untuk anda yang ingin membeli 5 jenis warna tempat sampah diatas, anda bisa melakukan pemesanan di salah satu supplier terpercaya yaitu tempatsampah.org !